20 Cara yang Menginspirasi untuk Menjadi Orangtua yang Baik

Menjadi orang tua yang baik itu tidak mudah, terutama karena kita tidak sempurna dalam banyak hal.  Adalah normal bahwa kita merasa cemas berpikir kita mungkin gagal membesarkan anak-anak kita untuk menjadi orang baik.  Jadi, belajar dari pengalaman dan strategi orang tua lain adalah ide yang bagus.

Jika Anda ingin belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik atau bahkan terinspirasi menjadi orang tua terbaik di dunia untuk anak-anak Anda, berikut adalah beberapa cara yang menginspirasi untuk meningkatkan keterampilan mengasuh anak Anda. 

20 Cara yang Menginspirasi untuk Menjadi Orangtua yang Baik
Gambar by: pixnio.com


20 Cara yang Menginspirasi untuk Menjadi Orangtua yang Baik


1. Nyatakan kasih sayang Anda kepada anak-anak Anda.


Anak-anak merindukan kasih sayang orang tua mereka.  Mereka ingin merasa dicintai mengetahui bahwa mereka aman.  Jadi, jangan ragu untuk menunjukkan cinta Anda kepada anak-anak Anda.  Beri tahu mereka bahwa Anda menyukai mereka dan menghujani mereka dengan pelukan dan ciuman.

2. Berikan mereka lingkungan yang aman dan sehat.


Lingkungan tempat anak-anak Anda tumbuh akan berdampak pada karakter dan kesejahteraan mereka.  Jadi, pastikan untuk mendirikan rumah Anda di lingkungan di mana ada kedamaian dan keamanan, dan di mana mereka akan terpapar nilai-nilai moral yang baik dan orang-orang berintegritas.

3. Buat mereka mengerti bahwa disiplin bukanlah hukuman.


Bantu anak-anak Anda menyukai disiplin dengan membuat mereka mengerti bahwa tidak ada yang perlu ditakuti.  Karena itu, jangan menyamakan hukuman dengan disiplin.  Disiplin juga dapat melibatkan penguatan positif, seperti imbalan.

4. Konsisten dengan aturan yang Anda tetapkan.


Setiap kali Anda menetapkan aturan di rumah, konsistenlah dalam menerapkannya.  Jangan membengkokkannya karena anak-anak Anda mengeluh atau Anda sendiri, tidak dapat mengikuti mereka.  Jadilah contoh yang baik.

5. Jangan berkelahi dengan pasangan Anda di depan mereka.


Adalah normal bagi pasangan untuk bertengkar pada waktu-waktu tertentu, tetapi anak-anak tidak boleh menyaksikannya.  Hindari bertengkar di depan anak-anak Anda, karena itu dapat berdampak pada kesehatan emosional mereka.  Ini dapat mengakibatkan kecemasan, ketakutan, depresi, dan bahkan pemberontakan.

6. Hargai mereka.


Jangan malu-malu memuji anak-anak Anda setiap kali mereka melakukan sesuatu yang patut dihargai.  Biarkan mereka tahu bahwa Anda bangga dengan mereka.

7. Jangan membandingkan anak-anak Anda.


Salah satu kesalahan terburuk yang dilakukan beberapa orang tua adalah membandingkan anak-anak mereka dengan saudara mereka atau anak-anak lain.  Perlu diketahui bahwa ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan emosional anak.  Setiap anak itu unik, jadi tidak adil bagi mereka untuk dibandingkan dengan yang lain.

8. Biarkan mereka melakukan kesalahan.


Jangan khawatir tentang anak-anak Anda yang melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan.  Anda, diri Anda sendiri, tumbuh lebih dewasa melalui mereka.  Dengan demikian, izinkan anak-anak Anda menjelajahi berbagai kemungkinan dan lingkungan mereka.

9. Tetapkan batas aman untuk eksplorasi mereka.


Peran Anda sebagai orang tua adalah untuk membimbing anak-anak Anda saat mereka menjelajahi dunia mereka.  Untuk melindungi mereka dalam fase ini, tetapkan batasan yang akan membuat mereka aman dari bahaya fisik, emosi, mental, dan spiritual.  Pastikan Anda tidak berlebihan karena Anda mungkin memotong sayap mereka.

10. Jangan menunjukkan favoritisme.


Jika Anda memiliki beberapa anak, jangan pernah melakukan kesalahan dengan bermain favorit.  Ini bisa berakibat pemberontakan, harga diri rendah, rasa tidak aman, dan kecemburuan di antara saudara kandung.  Perlakukan mereka semua dengan setara.

11. Letakkan kebutuhan mereka di atas kebutuhan Anda.


Saya pikir ini adalah sesuatu yang datang secara alami kepada semua orang tua, tetapi saya hanya memasukkan ini sebagai pengingat.

12. Beri mereka tanggung jawab.


Untuk melatih anak-anak Anda untuk bertanggung jawab, mulailah memberi mereka tanggung jawab sekarang.  Anda dapat memberi mereka tugas-tugas rumah tangga atau membiarkan mereka mengasuh adik mereka.

13. Biarkan mereka memecahkan masalah mereka sendiri.


Jika Anda ingin anak-anak Anda mandiri dan mandiri, maka jangan mengambil alih ketika mereka menghadapi masalah.  Izinkan mereka untuk mencari tahu sendiri.  Tentu saja, Anda dapat menunjukkan dukungan dengan memberikan saran atau saran dan mendorong mereka ketika mereka berkecil hati.

14. Jangan menetapkan harapan tinggi.


Ini dapat menyebabkan terlalu banyak tekanan pada anak-anak Anda, yang dapat mengakibatkan rendahnya harga diri saat mereka tumbuh dewasa.  Kegagalan untuk memenuhi harapan Anda akan membuat mereka berpikir mereka tidak cukup baik, yang dapat membunuh motivasi mereka.

15. Dorong mereka untuk memelihara bakat mereka.


Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk anak-anak Anda adalah mendukung mereka untuk mengembangkan bakat mereka.  Anda dapat mendaftarkan mereka di kelas musim panas, membiarkan mereka bergabung dengan klub sekolah, dan membeli materi yang akan membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka.  Anda juga dapat mendorong mereka untuk menggunakan bakat mereka untuk melayani Tuhan.

16. Hangout dengan mereka.


Anak-anak tumbuh dengan cepat, dan sebelum Anda menyadarinya, mereka sudah pindah dari rumah.  Karena itu, habiskan waktu bersama mereka selagi bisa.  Anda dapat bermain permainan papan, menonton film, atau kencan rutin dengannya.

17. Ubah kebiasaan dan sikap buruk kita.


Jika Anda tidak ingin anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan berbahaya, seperti kecanduan game online, merokok, atau berjudi, maka berhentilah jika Anda menyukainya.  Anda tidak suka mereka mengutuk atau menggunakan kata-kata kotor?  Maka, berhati-hatilah dengan bahasa Anda.  Ubah sifat buruk yang Anda tidak ingin anak Anda ikuti.

18. Minta maaf saat dibutuhkan.


Kami, orang tua, tidak sempurna dan kami juga membuat kesalahan.  Apakah Anda telah memarahi mereka karena sesuatu yang belum mereka lakukan atau Anda telah melanggar aturan rumah, cukup rendah hati untuk meminta maaf.  Itu akan mengajarkan mereka untuk mengakui kesalahan mereka dan mengasihani mereka.

19. Dorong mereka untuk aktif secara fisik.


Anda tidak akan selalu ada untuk menjaga anak-anak Anda.  Jika Anda ingin mereka tumbuh sehat, ajari mereka cara menjaga kesehatan mereka, termasuk menjadi aktif secara fisik.  Perkenalkan mereka pada kegiatan di luar ruangan dan biarkan mereka bermain olahraga aktif.

20. Teladan bagi mereka bagaimana menjalani kehidupan yang saleh.


Jika Anda ingin anak-anak Anda tumbuh mencerminkan keserupaan dengan Kristus, maka Anda perlu memberikan contoh kepada mereka.  Selain berdoa bersama dan untuk mereka dan membawa mereka ke gereja, jadilah teladan yang baik bagi mereka dalam menjalani kehidupan Kristen.

Kesimpulan

Menjadi orang tua tidak diragukan lagi salah satu peran paling menantang yang bisa dimiliki seseorang.  Namun, itu pasti yang paling memuaskan, terutama ketika Anda dapat melihat anak-anak Anda tumbuh sehat, bahagia, dan jujur.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama