7 Cara Sederhana untuk Berlatih Mencintai Diri Sendiri

7 Cara Sederhana untuk Berlatih Mencintai Diri Sendiri

Belakangan ini, kata "cinta-diri" dilemparkan secara longgar untuk menggambarkan tindakan melakukan atau membeli sesuatu untuk diri kita sendiri. Mungkin sulit untuk dikenali, dan mungkin bahkan lebih sulit untuk dipraktikkan karena begitu banyak definisi yang kita dengar dari saluran yang berbeda. Namun, apa yang harus Anda ketahui pada awal perjalanan Anda adalah bahwa tidak ada satu cara yang benar untuk mempraktikkan cinta-diri. Ini dapat berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda, tergantung pada apa yang mereka hargai sebagai individu.

Meskipun baru-baru ini meningkat sebagai salah satu hashtag media sosial yang trending, cinta diri sebenarnya sangat penting. Mencari tahu apa artinya bagi Anda mungkin jalan yang penuh dengan tantangan, tetapi sangat penting untuk melewati saat-saat terendah Anda.

Jika Anda adalah seseorang yang masih tidak mengerti tentang mencintai diri sendiri, kami datang dengan panduan singkat untuk memulai dengan perjalanan pemberdayaan unik Anda. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mempraktikkan cinta-diri:

1. Dengarkan diri Anda sendiri.


Pikiran kita adalah alat yang paling kuat untuk menjaga diri kita tetap tenang dan damai. Dengan hanya penuh perhatian, Anda akan belajar memahami dan mengungkap semua pikiran, emosi, dan keinginan Anda. Pergilah dan luangkan waktu bagi diri Anda untuk menulis di jurnal Anda untuk memproses perasaan Anda hari itu. Bagaimana perasaan Anda tentang perubahan yang Anda alami di tempat kerja atau sekolah? Apa yang membuatmu bahagia dan bersyukur hari ini? Anda ingin memiliki atau menjadi apa di masa depan? Dengan hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan dapat melihat apa yang membuat Anda tergerak sebagai pribadi, dan memahami apa yang akan membuat Anda merasa positif tentang diri Anda.

Latihan cepat? Cobalah meditasi yang dibimbing. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda mulai. Hanya sepuluh menit meditasi di pagi hari dapat membantu Anda mendengarkan.

2. Jaga dirimu.


Perawatan diri adalah prasyarat untuk mencintai diri sendiri. Dengan kebutuhan dasar Anda terpenuhi, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir apa yang terbaik untuk Anda. Orang yang suka berolahraga, makan makanan enak, dan memelihara interaksi yang sehat dengan orang yang mereka cintai. Pastikan untuk melakukan setidaknya satu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan Anda hari itu. Anda dapat melakukan ini hanya dengan joging sepuluh menit, mengemas makan siang Anda sendiri, dan mengunjungi teman dan keluarga Anda.

3. Berhenti membandingkan.


Di dunia sekarang ini, sangat mudah membandingkan diri kita dengan orang lain. Anda membuka ponsel, melihat foto perjalanan teman Anda, dan langsung merasa kasihan pada diri sendiri. Semua orang tampaknya menjalani cinta terbaik mereka saat Anda berada di sofa sambil menyaksikan kehidupan mereka terungkap melalui layar ponsel cerdas Anda. Kedengarannya menyedihkan? Itu karena memang benar.

Ketika kita membandingkan diri kita dengan orang lain, kita membuka diri terhadap pikiran yang mencela diri sendiri, yang merupakan hal yang sedang kita coba singkirkan dari hidup kita. Hentikan siklus perbandingan ini, dan fokuslah pada kemajuan Anda sendiri. Anda tidak berada di timeline yang sama dengan orang lain.

4. Maafkan dirimu.


Kami adalah manusia dan rentan terhadap keputusan yang buruk. Memang benar bahwa kita selalu harus bertanggung jawab atas tindakan kita, juga benar bahwa kita harus memaafkan diri sendiri. Kesalahan adalah hal yang alami bagi kami, jadi cobalah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Kesalahan tidak berarti Anda telah gagal. Itu hanya berarti Anda dapat mencoba lagi.

5. Memiliki batasan.


Menetapkan beberapa batasan diperlukan untuk mencintai diri sendiri. Ada beberapa hal yang menurut Anda perlu Anda tolak, dan itu tidak apa-apa! Bagian dari proses ini adalah memahami kegiatan apa, dan hubungan mana yang sehat. Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam situasi atau hubungan yang berbahaya bagi Anda, tidak apa-apa mengatakan "Ini sudah cukup," dan pergi.

Orang yang tidak memiliki batas cenderung disalahgunakan, baik secara emosional maupun fisik. Dengan menunjukkan kepada orang-orang apa batasan Anda, Anda mengajar mereka bagaimana Anda ingin diperlakukan sebagai pribadi. Ini berlaku untuk hubungan apa pun, baik itu dengan kolega, keluarga, kekasih, atau teman. Jika ada yang pernah melewati batas Anda, jangan takut untuk melepaskannya. Ingatlah bahwa cinta diri adalah memilih yang terbaik untuk Anda. Anda tidak harus mengkompromikan nilai-nilai Anda jika Anda tidak nyaman dengan gagasan itu.

6. Investasikan pertumbuhan Anda.


Siapa yang tidak ingin melihat orang yang mereka cintai tumbuh sebagai orang? Sebagai orang yang mencintai diri sendiri, Anda juga harus senang dengan kemajuan Anda sendiri. Mulailah proses pertumbuhan Anda melalui introspeksi. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan seperti, "Di mana saya hari ini dalam kaitannya dengan tujuan saya?" "Saya ingin menjadi siapa di masa depan" dan "Apa langkah yang harus saya ambil untuk tumbuh lebih baik?" Cobalah untuk menuliskan jawaban Anda di jurnal Anda, dan gunakan itu sebagai panduan saat Anda melanjutkan. Latihan menulis ini akan melakukan keajaiban untuk harga diri dan kepercayaan diri Anda juga.

7. Hidup dengan sengaja.


Ini mungkin saran paling penting yang saya terima di awal usia 20-an. Hidup dengan sengaja adalah hidup dengan tujuan. Tujuan Anda tidak harus menjadi yang sangat rumit di awal. Anda dapat mulai dengan "Hidup bermakna" sebagai satu-satunya tujuan Anda. Rancang hidup Anda di sekitar hal-hal yang akan membuat Anda bahagia, dan Anda akan segera melihat bahwa Anda jauh lebih dekat untuk mencintai diri sendiri sepenuhnya — kekurangan dan semuanya.

Membangun kebiasaan cinta diri adalah praktik paling berguna yang akan Anda bangun dalam hidup Anda. Tidak diragukan lagi itu akan sulit, meminta Anda untuk melepaskan kebiasaan lama yang tidak melayani Anda. Anda bahkan mungkin harus melepaskan hubungan yang tanpa sadar membuat hidup Anda lebih sulit untuk dijalani. Namun, itu juga akan mengajarkan Anda bagaimana menjadi benar-benar bahagia dan menjadi orang yang lebih baik. Lebih penting lagi, itu akan secara tidak sengaja mengajarkan Anda cara mencintai orang lain juga. Seperti waria yang sangat terkenal, RuPaul, katakan dalam setiap episode acaranya, "Jika kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri, bagaimana mungkin kamu akan mencintai orang lain?"

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama