Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan 7 hal ini Sesampai di Rumah Setelah Bepergian di Tengah Wabah Corona

Lakukan ini Sesampai di Rumah Setelah Bepergian di Tengah Wabah Corona

Postinspirasi.com - Jumlah kasus positif virus corona baru Covid-19 di Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari. Pemerintah pun mengimbau seluruh masyarakat agar sebisa mungkin bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah guna mencegah penularan.

Idealnya, kita memang tidak boleh bepergian ke luar rumah, kecuali untuk urusan tertentu yang bersifat mendesak.

Tapi, jika memang harus ke luar rumah, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ketika sampai di rumah setelah bepergian, terutama di tengah wabah virus corona.

Hal yang harus dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian


Meski masyarakat diimbau agar tetap berada di dalam rumah selama wabah virus corona, ada kalanya beberapa dari kita masih harus ke luar rumah untuk alasan mendesak tertentu.

Misalnya, membeli bahan makanan atau obat-obatan. Begitu pula bagi para pekerja yang masih harus bepergian ke luar rumah untuk tetap bekerja.

Oleh karena itu, guna mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian:

1. Lepas sepatu di pintu, sebelum masuk ke rumah


Melepas sepatu atau alas kaki di pintu sebelum masuk ke rumah adalah hal pertama yang perlu dilakukan ketika sampai di rumah setelah bepergian.

Sebaiknya, jangan melakukan kebiasaan menggunakan sepatu ke dalam rumah, apalagi sampai memakainya saat menjatuhkan diri ke tempat tidur. Pasalnya, hal tersebut dapat berisiko membawa berbagai macam virus, bakteri, atau kuman dari luar ke dalam rumah.

Nah, di saat wabah virus corona seperti sekarang, alangkah baiknya selalu melepas sepatu di pintu sebelum masuk ke rumah.

2. Semprotkan cairan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian


Selanjutnya, semprotkan cairan disinfektan pada barang-barang yang menempel atau yang Anda bawa saat bepergian. Misalnya, sepatu, pakaian, ponsel, tas, laptop, atau perangkat kerja lainnya.

Kandungan alkohol serta konsentrasi biosida yang tinggi dalam cairan disinfektan diyakini efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya, bila dihirup atau disentuh manusia.

3. Membuang tanda terima pembelian yang tidak diperlukan


Saat bepergian ke luar rumah untuk membeli makanan atau obat-obatan, Anda mungkin sempat menerima berbagai kertas atau tanda terima pembelian.

Nah, ketika sampai di rumah, sebaiknya buang semua tanda terima pembelian, seperti kwitansi, struk, atau kertas-kertas yang dirasa tidak diperlukan. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu cara mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah.

4. Jangan menyentuh barang apa pun dan jangan langsung beristirahat


Setelah melepas sepatu dan menyemprotkan cairan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian, Anda bisa masuk ke dalam rumah dengan bertelanjang kaki.

Tetapi, ingat, jangan menyentuh barang apa pun yang ada di dalam rumah sebelum mencuci tangan sampai bersih. Jangan coba-coba duduk atau merebahkan diri di kursi, sofa, ataupun tempat tidur dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang dikenakan saat bepergian.


Bagi para orangtua, jangan pula menyapa atau menggendong anak jika tubuh belum dalam kondisi bersih.

5. Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sampai bersih


Segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sampai bersih dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Basahi kedua tangan dengan air, bisa menggunakan air hangat maupun air dingin. Lalu, tuangkan sabun ke telapak tangan.
Usap kedua telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar.
Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Bersihkan seluruh bagian tangan secara merata, mulai dari pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lakukan langkah ini selama minimal 20 detik.

Selanjutnya, bersihkan seluruh bagian jari dengan gerakan memutar, satu demi satu.
Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran.

Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak menempel pada tangan yang telah bersih.
Terakhir, keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.

6. Buka pakaian


Segera buka pakaian dan jangan menggantungnya di kamar, apalagi menggunakannya kembali esok hari. Pasalnya, pakaian yang Anda kenakan tersebut mungkin saja terdapat virus, bakteri, atau kuman yang menempel dari luar selama bepergian.

Jadi, lebih baik buka pakaian sesegera mungkin saat sampai di rumah setelah bepergian agar virus, bakteri, atau kuman yang menempel tidak menyebar ke area rumah.

Masuk ke kamar mandi atau toilet dan buka seluruh pakaian yang Anda kenakan saat bepergian. Kemudian, langsung tempatkan pakaian kotor tersebut di keranjang cucian tersendiri.

7. Mandi hingga bersih


Selanjutnya, Anda bisa membersihkan tubuh dari ujung kepala sampai kaki hingga bersih.

Dianjurkan untuk membersihkan tubuh bagian atas terlebih dahulu, lalu turun ke area tubuh bagian bawah secara berurutan. Hal ini akan memungkinkan sabun membersihkan area tubuh secara merata.

Pastikan untuk membersihkan area lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, dan area kulit di bawah payudara. Bersihkan pula sela-sela jari dan area genital.

Namun, jika ingin keramas, lakukan langkah pertama kali sebelum membersihkan area tubuh lainnya.

Jika tubuh sudah dibersihkan dan sudah mengganti pakaian, kini saatnya menyapa dan berkumpul dengan anggota keluarga.

Sebaiknya, kita tetap berada di dalam rumah dan tidak bepergian, kecuali ada hal yang bersifat mendesak untuk dilakukan di luar rumah.

Dengan melakukan hal-hal di atas ketika sampai di rumah setelah bepergian, kita dapat membantu menghentikan penyebaran berbagai macam bakteri atau virus, termasuk virus corona, di dalam rumah.

Posting Komentar untuk "Lakukan 7 hal ini Sesampai di Rumah Setelah Bepergian di Tengah Wabah Corona"