Ramai Di Bicarakan, Mudik atau Pulang Kampung? Ini Penjelasan di KBBI

Postinspirasi.com -  setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (jokowi) menjelaskan perbedaan kata mudik dan pulang kampung hal ini jadi ramai dibicarakan masyarakat .

Ramai Di Bicarakan, Mudik atau Pulang Kampung? Ini Penjelasan di KBBI

Sebenarnya apa sih perbedaan menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)?
Sebelum bicara soal perbedaan antara mudik dan pulang kampung menurut KBBI. Kedua kata-kata tersebut ramai dibicarakan setelah penjelasan Presiden Republik Indonesia Jokowi, pada acara mata Nazwa yang ditayangkan Trans7  tadi malam.

"Sesungguhnya saya bertanya kepada bapak presiden, mudik dilarang atau tidak? Kenapa tidak sekarang dilarangnya, nyatanya saat ini sudah banyak masyarakat yang colong start mudik?" beberapa pertanyaan yang dipertanyakan Najwa.


Presiden Republik Indonesia Jokowi pun menjawabnya, pelarangan mudik memang menimbulkan pro dan kontra.

"Semua kementerian ada yang pro dan kontra, ada yang setuju ada yang tidak setuju. 

Tapi sejak awal sudah saya sampaikan kepada menteri, bahwa suatu saat pasti akan saya larang. Bisa saja besok pagi, atau minggu depan, karena kita tahu mudik hitung-hitungan terakhir kita, masih yang ingin mudik menyangkut jutaan orang bukan ribuan," ujar Joko Widodo.

"Ada 34 persen yang ingin masih mudik dan ini angka yang gede sekali. Sehingga sejak awal saya sampaikan angkanya seperti ini, kajian lapangannya seperti itu, ya sudah mudik dilarang," Jokowi menambahkan.
Najwa pun mempertanyakan kembali, kenapa tidak dilarang sekarang?


"Ya kemarin kita memakai, ada transisinya. Sehingga jangan sampai menimbulkan shock dan justru memunculkan masalah baru. Ramai-ramai ke stasiun, nanti ramai-ramai ke terminal, ramai-ramai ke bandara sehingga terjadi penumpukan orang di suatu tempat yang itu justru tidak menyelesaikan masalah, tapi menimbulkan masalah baru, yaitu penyebaran," kata Jokowi.

Najwa kembali mempertanyakan, sekarang sudah 900 ribu orang yang sudah mudik. Apakah keputusan melarang itu melihat situasi tapi fakta sudah terjadi penyebaran orang di daerah?

"Kalau itu bukan mudik itu namanya itu pulang kampung, memang mereka bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan mereka pulang karena anak dan istrinya ada di kampung. Kalau mudik di hari lebarannya. Ini beda, mudik itu untuk merayakan Idul Fitri. kalau namanya pulang kampung, bekerja di jakarta tapi anak istrinya ada di kampung," ujar Jokowi.

"Coba dilihat juga di lapangan, di Jakarta mereka menyewa ruang 3x3 atau 3x4 isinya 8-9 orang dan di sini tidak bekerja, itu lebih berbahaya. di sini (Jabodetabek -Red) di dalam ruangan di huni 9 orang, atau pulang kampung. Di sana (di Kampung-Red) disiapkan isolasi dulu di desa, lebih bahaya mana? Kita harus lihat lebih detail dilapangannya dan datanya," Jokowi menambahkan.

Tapi apa sih sebenarnya pengertian mudik dan pulang kampung menurut KBBI?


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia keluaran Kemdikbud, mudik (Tesaurus) memiliki 2 arti yakni:

1. v (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang -- sampai ke Sakayu

2. v cak pulang ke kampung halaman: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang --
Sedangkan untuk pengertian pulang kampung (Tesaurus), memiliki satu pengertian yakni:

1. kembali ke kampung halaman; mudik: dia -- kampung setelah tidak lagi bekerja di kota.

Belum ada Komentar untuk "Ramai Di Bicarakan, Mudik atau Pulang Kampung? Ini Penjelasan di KBBI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel