Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sertifikat Kartu Prakerja Tidak Muncul di Dashboard prakerja.go.id Dan Insentif Tidak Cair

Kartu prakerja

Rata-rata per gelombang, Manajemen Program Kartu CaraPrakerja menerima 800 ribu peserta.


Lambat laun, satu per satu persoalan dalam Kartu Prakerja terkuak. Hal itu tampak dalam kolom komentar maupun pertanyaan ke Kemnaker.


"Data sertifikat pada dashboard prakerja saya belum muncul. Bagaimana solusinya?" demikian salah satu pertanyaan ke situs Kemnaker.


Berikut jawaban Kemnaker:


Untuk permasalahan sertifikat di dashboard prakerja, Anda dapat melakukan hal berikut:


a) Pastikan nama akun Kemnaker Anda sesuai dengan akun prakerja Anda.


b) Pastikan Anda sudah dinilai oleh lembaga pelatihan Anda di sisnaker. Untuk mengetahuinya silahkan hubungi Lembaga pelatihan terkait, profil Lembaga dapat dilihat pada kelembagaan.kemnaker.go.id


c) Pastikan Anda sudah isi ulasan dan dan rating pada menu pelatihan saya. Untuk panduan memberikan ulasan dan rating anda dapat mengakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=rNn7FFo6WYU


d) Bila sudah, Anda dapat mendownload sertifikatnya. Untuk panduan mendownload sertifikat pelatihan anda dapat mengakses pada link https://www.youtube.com/watch?v=ibppx7b4pes


e) Terkait sertifikat yang belum muncul pada dashboard prakerja, pastikan Anda sudah memberikan rating/ulasan di mitra pelatihan dan SISNAKER, kemudian silakan menunggu update di prakerja.go.id hingga sinkronisasi data selesai. Setelah sinkronisasi selesai, Anda dapat memilih pelatihan lain (jika saldo masih ada), sertifikat akan muncul di dashboard, dan proses penjadwalan insentif akan ada. Link tatacara pengisian ulasan dan rating bisa diakses pada https://www.youtube.com/watch?v=rNn7FFo6WYU


2. Laporan dari Sisnaker sudah secara otomatis dikirim kepada Manajemen Pelaksana pada H+1 setelah anda tuntas administrasi pelatihan, yaitu mendapat sertifikat, mengisi ulasan dan rating di Sisnaker.


3. Jika tidak bisa memberikan ulasan/rating karena tidak ada pada menu penilaian atau status pelatihan belum selesai/masih aktif, kami mohon untuk menghubungi lembaga pelatihan penyelenggara untuk memastikan agar juga memberikan penilaian di SISNAKER. Hal ini dikarenakan lembaga pelatihan hanya memberikan penilaian di portal lembaga namun belum dilakukan di portal SISNAKER. Silakan cek nomor kontak lembaga di kelembagaan.kemnaker.go.id.


4. Syarat agar bisa mengikuti pelatihan lainnya, memunculkan sertifikat pada dashboard, serta memunculkan jadwal pencairan insentif adalah:


a) Telah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat lembaga dan Kemnaker. Jika sertifikat Kemnaker belum ada, silakan hubungi lembaga untuk memberikan penilaian pada SISNAKER.


b) Telah memberikan ulasan/rating pada pelatihan yang diikuti.


c) Telah menyambungkan akun rekening atau nomor gopay, OVO, serta Link Aja (dipilih salah satu saja).


Sumber

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Sertifikat Kartu Prakerja Tidak Muncul di Dashboard prakerja.go.id Dan Insentif Tidak Cair"